Rabu, 21 Desember 2011

BRAINWAVE (GELOMBANG OTAK)


Apa yang dimaksud dengan Brainwave (Gelombang Otak)?
Apa saja kegunaannya? 
 

BRAINWAVE

brainwave 


Aktifitas otak pada makhluk hidup dipengaruhi oleh getaran-getaran frekuensi suara yang ada disekelilingnya. Pada semua makhluk hidup, otak adalah central processor yang sangat vital.
 
Setelah diadakan penelitian dan riset yang sangat panjang tentang otak makhluk hidup, gelombang suara yang sangat mudah mempengaruhi otak makhluk hidup adalah Brainwave (Gelombang Otak).
 
Ada 4 jenis gelombang otak yang mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda dan dapat mempengaruhi kinerja otak secara langsung. 4 Jenis Brainwave tersebut adalah:
 
1. Alpha. Gelombang Brainwave Alpha mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan kreatifitas, relaksasi dan visualisasi.

2. Beta. Gelombang Brainwave Beta mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan konsentrasi.

3. Theta. Gelombang Brainwave Theta mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan self meditation, memori dan relaksasi yang mendalam.

4. Delta. Gelombang Brainwave Delta mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan penyembuhan internal pada tubuh (self healing), ketenangan dan kenyamanan.
Brainwaves     

Otak manusia terdiri dari Miliaran sel otak yang disebut Neuron yang menggunakan listrik untuk berkomunikasi satu sama lain. Kombinasi jutaan neuron mengirimkan sinyal sekaligus menghasilkan sejumlah besar aktivitas listrik di otak, yang dapat dideteksi menggunakan peralatan kedokteran yang sensitif  yaitu EEG [Electro Encephalo Graphy].
Dengan EEG kita bisa mengetahui frekuensi listrik otak yang digolongkan dalam 4 tahapan :
  1. Tahapan Beta yaitu kondisi dimana otak manusia sedang aktif seperti saat kita berbicara, berolah raga, menyetir mobil dlsb. Pada kondisi aktif ini otak mengeluarkan frekuensi sekitar 13 Hz sampai dengan 60 Hz, frekuensi tertinggi dihasilkan ketika kita berpikir sangat keras atau dalam keadaan tertekan. 
  2. Tahapan Alpha yaitu saat tubuh dan mental kita sedang rilek, santai, fokus pada suatu hal dan menyadari keadaan sekeliling. Keadaan Alpha biasa kita peroleh saat khusyu berdoa, bermeditasi, hanyut ketika mendengarkan musik lembut atau sangat menikmati tontonan yang menyenangkan. Frekuensi Alpha berkisar 8 Hz sampai dengan 13 Hz.
  3. Tahapan Theta yaitu keadaan dimana kita mencapai keadaan rilek sangat dalam serta kesadaran akan sekeliling makin berkurang. Saat kita bermimpi juga termasuk dalam kondisi Theta dimana otak mengeluarkan frekuensi sekitar  4 Hz  sd 8 Hz.
  4. Tahapan Delta adalah kondisi dimana kita sedang tertidur pulas atau pingsan. Pada saat itu otak mengeluarkan frekuensi listrik sekitar  0,1 Hz sd 4 Hz. 
Untuk memperoleh keadaan rileksasi baik itu kondisi Alpha maupun Theta kita bisa menggunakan cara-cara konvensional seperti berbagai teknik pernapasan, teknik meditasi, mendengarkan musik lembut, memakai aroma terapi atau juga dengan teknik pemijatan [massage]. Selain itu anda  juga bisa memakai bantuan musik khusus yaitu Teknologi Brainwave yang menggunakan “binaural beat” sebagai rangsangan untuk memandu otak dari kondisi Beta menuju Alpha, Theta atau Delta. Prinsip dasar “binaural beat” adalah memasukkan 2 nada yang berbeda kepada telinga kanan dan kiri lewat stereo headphone. Selisih dari 2 nada tersebut diterima oleh otak dan mempengaruhi aktifitasnya sesuai dengan kebutuhan. Misal saat anda aktif [kondisi Beta] dan menginginkan rileks maka anda perlu mendengarkan “binaural beat” yang berfrekunsi Alpha sekitar 8 Hz sd 13 Hz. Binaural beat ini bisa menggunakan pasangan “1000 Hz dan 1010 Hz” atau “3000 Hz dan 3010 Hz” dimana selisih kedua frekuensi tersebut  menghasilkan frekeunsi 10 Hz yang termasuk  Frekuensi Alpha.
Selain untuk rileksasi dalam, Teknologi Brainwave juga dikembangkan dalam berbagai macam aplikasi untuk menurunkan berat badan, menghentikan kebiasaan merokok, materialisasi, penyembuhan penyakit dlsb. Di berbagai situs Teknologi Brainwave dijual dengan harga yang cukup mahal, tapi disini akan saya share link downloadnya secara Gratis:)
  1. Virtual Hypnotist 5.8 : Suatu free software yang akan membantu anda mencapai kondisi Alpha, Theta atau Delta melalui program Hypnosis dengan Musik, Animasi atau gabungan keduanya. Tersedia berbagai preset sesuai kebutuhan. Anda juga dapat bereksperimen dengan membuat preset pribadi.
  2. Natura Sound Therapy Version 3 :  Cara kerja dan fungsi software ini hampir sama dengan Virtual Hypnotyst 5.8. Berikut adalah Kode Validasi Software Natura Sound Therapy: URKL-W3K8-O2L5-L2N8 atau URKL-N2G2-K5M3-S1R6 atau URKL-I7I2-M8J2-P4V6
  3. Kumpulan MP3 Meditasi          
NB : KHUSUS untuk Penderita Gangguan Penyakit pada Jantung atau Otak tidak boleh menggunakan Teknologi Brainwave.
“SELAIN penderita sakit jantung atau sakit otak” silakan menggunakan Teknologi Brainwave ini. Aman kok…
Selamat mencoba…


Perhatian,.!!!!!

1. Gunakan BW dengan bijaksana dan pahami betul kegunaannya
2. Jangan memaksakan menggunakan BW jika anda menderita ephilepsi, 
    gangguan jantung, atau sedang mengandung janin
3. Ingat, beberapa BW masih dlm tahap EKSPERIMEN, jadi mungkin sekali tidak cocok 
    buat anda
4. Penulis sarankan untuk menggunakan BW sesuai tujuan anda, gunakan dengan 
    penuh perencanaan dan tidak untuk coba-coba belaka.
5. Bagi yang baru pertama kali menggunakan BW, disarankan pakai yg dasar 
    atau yang ringan dulu (Alpha, Beta, Delta, Theta)


Disclaimer,.
1.  hanya menghimpun link postingan kaskuser dari berbagai thread. 
    Bukan Penulis yang  meng-upload semua file di server file hosting
2. Pelajari cara penggunannya;Penulis tidak bertanggung jawab dg segala resiko 
    yang mungkin timbul dari penggunaan BrainWave yang ada disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar